Tips Pintar Mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) Aman

Tips memanfaatkan uang thr - Memasuki bulan Ramadan, banyak orang yang sangat bersemangat menanti cairnya THR (Tunjangan Hari Raya).
Tips Pintar Mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) Aman
Sesuai Pasal 10 ayat 1 Peraturan Menteri Tenagakerja 2016, THR sudah diatur agar cair paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Nah, sebelum kamu terima, apakah kamu punya perencanaan mengenai penggunaan THR tersebut?

Selamatkan THR mu Sebelum Habis

Kamu sudah mengincar tas baru atau gadget terkini? Menyenangkan diri sendiri tentu boleh dilakukan, tapi sebaiknya kamu memenuhi kewajiban dan kebutuhan utama untuk menyambut hari raya. Biar gak menyesal kemudian, yuk atur penggunaan THR dengan lebih cermat.

1. Bayar zakat dan fidiah

Sesuai dengan Rukun Islam keempat, seorang muslim wajib mengeluarkan zakat. Dalam rangka menyambut hari raya, zakat yang wajib dikeluarkan tentu saja zakat fitrah untuk menyempurnakan ibadah di bulan Ramadan. Selain itu, jangan lupa untuk membayar fidiah bagi kamu yang berhalangan menjalani ibadah puasa.

2. Kasih THR Orang Tua, pekerja di rumah dan lingkungan sekitar

Masih ingat gak dulu waktu kecil, kita sering di kasih THR sama  ortu. Nah sekarang kita udah bekerja maka sudah kewajiban kita untuk memberi THR kepada Ortu kita, jangan lupa bayar THR orang-orang yang bekerja atau membantumu sehari-hari ya. Asisten rumah tangga, babysitter, sopir, mbak atau mas penjaga kos-kosan, hingga personel keamanan daerah rumah. Besaran THR bisa kamu tentukan sendiri sesuai kemampuan. Sementara untuk mereka yang membantu kamu di luar rumah, kamu bisa menentukan nominal sepantasnya sesuai kemampuanmu.


3. Membeli keperluan hari raya di rumah

Buat budgeting sebaik-baiknya biar gak perlu bongkar tabungan di hari raya. Kamu bisa memulai dengan membuat daftar keperluan bahan makanan maupun keperluan lain. Hati-hati, jika rumah kamu biasa dipakai untuk kumpul keluarga besar, kamu wajib menghitung dan mengalokasikan secara teliti budget belanja yang disesuaikan dengan perkiraan jumlah tamu.

4. Hantaran

Pengeluaran khas hari raya yang gak wajib tapi bisa menguras dana cukup besar adalah hantaran. Untuk memastikan pengeluaran hari raya kamu gak bocor di sini, tentukan dari awal budget yang ikhlas kamu keluarkan untuk mengirim hantaran untuk orang tua dan kerabat. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah membuat daftar kerabat yang akan kamu kirimkan hantaran, lalu menyesuaikannya dengan jenis parsel yang bisa kamu pilih.

Biar unik, sesuai dengan selera, sekaligus menghemat budget, kamu bisa membuat sendiri hantaranmu lho. Kamu bisa memasak makanan atau membuat kue andalanmu. Para penerima akan sangat senang bisa menyicipi sesuatu yang gak bisa dibeli di mana pun.

Bagi kamu yang tidak merayakan lebaran, tapi perusahaan tempat kamu bekerja membayarkan THR serempak saat Idulfitri, kamu harus lebih disiplin!
angan sampai kamu ikut arus dengan belanja gila-gilaan tanpa menyisihkan untuk keperluan hari raya kamu nanti. Ingat kata peribahasa, sesal kemudian tiada gunanya. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Pintar Mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel