Ingin Tau Sertifikat Pelaut Sudah Online Apa Belum? Begini Cara Ceknya

Cara cek sertifikat pelaut yang belom jadi atau belum online - tentu hal ini membuat para pelaut kita galau 😁, gimana nggak sertifikat pelaut yang dulu ceknya sangat mudah hanya dengan memasukkan sefarer code / 10 digit kode pelaut kita langsung keluar semua. sekarang cara mengeceknya harus satu persatu de web resminya pelaut.dephub.go.id
cara cek sertifikat pelaut sudah online apa belum dengan code
Bingung kan... lah terus gimana cara melihat sertifikat pelaut kita sudah online apa belum kalau belum tau kodenya?

Tenang guys CBBD selalu ada cara karena admin cbbd adalah seorang pelaut juga jadi tentu tau donk hee. Untuk bisa tau cara mengetahui nomor sertifikat pelaut yang belum keluar fisiknya atau belum jadi fisiknya begini joon..

Bagi yang sudah ikut diklat sertifikat baru tapi fisik sertifikatnya belum jadi pastinya tidak mengetahui nomor sertifikat yg baru......

Cara Cek Online Sertifikat Pelaut 2019

1. Buka website pelaut.dephub.go.id
2. Isi di kolom kode Pelaut (10 digit )
3. Tambahkan 2 digit kode jenis sertifikat
4. Tambahkan 2 digit kode lembaga diklat
5. Tambahkan 2 digit tahun pelaksanaan diklat
6. Isi code keamanan yg tertera lalu
7. Klik Tombol search

Muncullah data sertifikat tsb dan kita bisa mengetahui No sertifikatnya.
(Contoh format cek scrb di stip th 2016)
MAKA masukan kode berikut :  *6200123456040116*
Keterangan:
*6200123456* : kode pelaut 10 digit,
*04* : kode jenis sertifikat
*01* : kode lembaga diklat
*16* :th mengikuti diklat

CODE JENIS SERTIFIKAT: 

01 = KODE BST
02 = KODE ARPA
03 = KODE RADAR
04 = KODE SCRB
06 = KODE AFF
07 = KODE MFA
08 = KODE MC
13 = KODE CROWD
17 = KODE CRISIS
23 = KODE BRM
24 = KODE SSO
28 = KODE ECDIS
29 = KODE IMDG
31 = KODE SAT
32 = KODE SDSD
39 = KODE BOCT
41 = KODE AOT
27 = KODE ERM

KODE LEMBAGA DIKLAT:

01 = STIP
02 = BP3IP
03 = PIP SMG
04 = PIP MKS
05 = POLTEK PELAYARAN SURABAYA
06 = BP2IP BAROMBONG
07 = PERTAMINA
11 = BINASENA
18 = POSEIDON
24 = BP2IP TANGERANG
38 = BP2IP ACEH
42 = SUPM NEGERI PONTIANAK

KODE IJASAH

35: Ijasah Rating Forming of Engine Watchkeeping (RFEW)
33: Ijasah Rating Forming of Deck Watchkeeping (RFDW)
42: Ijasah Able Seafarer Engine (ABSE)
34: Ijasah Able Seafarer Deck (ABSD)

Baca Juga: Syarat dan cara membuat buku pelaut online

Demikianlah info sertifikat pelaut dan cara ceknya. semoga bisa membantu bagi para pelaut kita yang sekarang ini lagi rada pusing semakin kedepan semakin banyak sertifikat baru, namun gaji belom naik2 bahkan perusahaanpun semakin sewena wena, pelaut baru disuruh join tapi tiket ongkos sendiri ,para broker pun meraja lela kasian pelaut kita yang masih baru cari kerja lewat broker. wahai pelaut bersatulah seperti para buruh di darat semakin kompak kita semakin jayalah kita. salam pelaut indo.

Semangat para pelaut . jayalah pelaut.
 
DMCA.com Protection Status