27 Mei 2018

Alternatif Cara Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret & Alfamart

Cara tarik tunai di indomaret - Jika zaman dulu untuk melakukan penarikan tunai anda harus repot mengantri di bank, atau pergi ke ATM yang jaraknya jauh minta ampun, kini dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, anda bisa melakukan penarikan kartu ATM mandiri, bca, bni bri, dengan cara tarik tunai di minimarket seperti indomaret atau alfamart yomart, griya mart, sbmart, cicle k dan minimarket lainya terdekat di daerah anda

Apa hanya untuk bank-bank tertentu saja?
Alternatif Cara Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret & Alfamart
Tidak, dong. Banyak bank telah bekerjasama dengan berbagai Indomaret dan Alfamart di seluruh Indonesia supaya nasabah mereka bisa melakukan penarikan tunai kapan saja dengan mudah. Bank-bank tersebut diantaranya adalah Bank BNI, BRI, Mandiri dan BCA yang rata-rata memiliki nasabah terbesar di Indonesia.

Lantas bagaimana cara tarik tunai di indomaret atau alfamart yang benar? Nah, berikut kami bagikan tutorialnya secara lengkap.

Terbaru Cara Tarik Tunai Berbagai Bank Melalui Alfamart dan Indomaret

Ada beberapa ketentuan yang harus anda perhatikan sebelum melakukan penarikan uang baik itu di Alfamart ataupun Indomaret. Ketentuan-ketentuan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Indomaret atau Alfamart Memiliki Logo Tarik Tunai

Yup, tidak semua Indomaret atau Alfamart menyediakan fasilitas untuk melakukan tarik tunai, biasanya jika memang menyediakan fasilitas tersebut maka akan terdapat logo tarik tunai Mandiri, tarik tunai BRI, tarik tunai BNI, tarik tunai BCA dan lain sebagainya..

Jadi pastikan terlebih dahulu, ya, ada logo dari bank yang anda pakai atau tidak. Jika memang tidak ada, maka anda harus segera mencari Indomaret atau Alfamart yang lain.

2. Setiap Bank Memiliki Batas Minimum dan Batas Maksimum Penarikan

Alternatif Cara Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret & Alfamart
Setiap bank yang telah bekerja sama dengan dengan Alfamart dan Indomaret memiliki batas minimum dan batas maksimum yang berbeda satu sama lain dalam hal melakukan penarikan secara tunai. Dan adakalanya juga, nih, kemampuan tarik tunai dari minimarket satu dengan minimarket yang lain juga bisa berbeda.

Misal, di Indomaret biasa penarikan tunai bisa dilakukan mulai dari Rp. 100.000 tapi, di beberapa Indomaret Plus bisa dilakukan mulai dari Rp. 50.000. nah, maka dari itu sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada kasir yang bersangkutan..

3. Syarat Minimum Belanja

Alternatif Cara Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret & Alfamart
Biasanya kasir minimarket akan memberikan informasi bahwa ada syarat minimum pembelanjaan terlebih dahulu.  Misalnya anda diharuskan belanja dengan nominal RP. 20.000 atau Rp. 50.000 dulu, baru  bisa  melakukan penarikan uang.

Untuk syarat yang satu ini tergantung kebijakan minimarketnya masing-masing, tapi biasanya tidak akan melebihi dari minimal Rp.50.000.

4. Bayar Menggunakan Kartu Debit dan Lakukan Tarik Tunai

Alternatif Cara Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret & Alfamart
Nah, setelah anda mengetahui semua informasi yang dibutuhkan dan memenuhi semua syarat, anda tinggal membayar belanjaan minimum yang sudah dibeli dengan menggunakan kartu debit. Dan beritahukan pada pihak kasir jika anda ingin melakukan penarikan tunai sebari menyebutkan nominal yang ingin anda cairkan.

5. Gesek Kartu di Mesin EDC

Langkah selanjutnya, kasir pasti akan meminta kartu debit anda, kemudian akan digesekkan pada mesin EDC yang biasanya terletak di bagian depan kasir. Ketika kasir meminta anda memasukkan nomor PIN, silahkan masukkan nomor PIN anda dan permintaan pun akan segera di proses.

Prosesnya tidak lama, kok. Jika tidak terjadi error, maka anda akan langsung menerima struk pembelanjaan, dan uang tunai yang berhasil dicairkan.

Kelebihan dan Kekurangan Tarik Tunai di Minimarket

Dalam memanfaatkan keuangan yang kita miliki, tentunya harus efektif dan efisien, dong. Hal yang wajar jika anda sering membandingkan antara menggunakan fasilitas satu dengan yang lain.

kemudian anda mencari jawaban, manakah yang lebih banyak membawa keuntungan bagi anda dan lebih hemat dalam pengeluaran.
Termasuk pada pembahasan yang sedang kita ulas kali ini, mari bandingkan kelebihan dan kekurangan antara melakukan tarik tunai di minimarket dengan ATM.

• Kelebihan

1. Alternatif Ketika ATM Error
Yup, jika terjadi error pada jaringan mesin ATM, apalagi setelah anda lari ke sana ke sini pada hari itu ATM error semua, maka melakukan tarik tunai di minimarket merupakan solusi yang sangat tepat. Terlebih jika anda posisinya memang sedang benar-benar membutuhkan uang untuk beberapa kepeluan yang mendesak.

2. Ada di semua daerah
Di era serba praktis sekarang, sebenarnya mesin ATM bisa dengan mudah ditemukan di mana saja. Berbeda dengan zaman dulu, yang hanya tersedia di kota-kota tertentu.

Namun, adakalanya mesin ATM dari bank yang anda pakai sangat jauh dari tempat kerja atau tempat tinggal anda, sehingga karena Alfamart dan Indomaret jauh lebih dekat dan ada hampir disemua pelosok, melakukan penarikan di minimarket tentunya menjadi jauh lebih hemat. Baik itu hemat dari segi  bensin maupun ongkos.

3. Jarang Kehabisan Stock Uang.
Kelebihan lainnya adalah jarang kehabisan stock uang. Berapapun nominal yang anda tarik asal sesuai dengan syarat minimum dan maksimum yang berlaku, dijamin akan selalu tersedia dan jarang sekali error saat  proses penarikan.

Berbeda dengan mesin ATM yang adakalanya kehabisan stock uang, sehingga anda harus mencari ATM yang lain. Jika kejadiannya sudah begini, anda bukan hanya rugi bensin, tapi juga rugi waktu.

4. Bisa Mendapatkan Potongan Khusus
Biasanya hampir setiap minggu baik itu Alfamart dan indomaret memiliki diskon khusus untuk sejumlah produk tertentu jika konsumen membayar dengan kartu debit salah satu bank.

Dengan demikian, selain bisa tarik tunai, anda juga diuntungkan dengan potongan harga belanja khusus yang menarik.

• Kelemahan

1. Terlalu Banyak Syarat
Inilah kelemahan yang paling mencolok jika melakukan penarikan tunai di minimarket. Seperti yang sudah dibahas pada tutorial, bahwa banyak ketentuan yang diberlakukan supaya anda bisa mencairkan uang. Entah itu syarat belanja, atau syarat tarik maksimum dan lain sebagainya.

Bagi anda nasabah yang memang tidak ingin berbelanja, dan kebetulan stock uang di kartu ATM sedang menipis, hal ini tentunya menjadi beban. Karena secara tidak langsung anda dipaksa untuk berbelanja terlebih dahulu baru bisa mengambil uang cash.

***
Nah, demikianlah diatas informasi yang bisa kami bagikan mengenai cara tarik tunai di minimarket. Semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan.

Advertisement