17 Mei 2018

Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri di Mesin ATM

Bagi anda yang masih pemula, atau baru saja mendaftar sebagai salah satu nasabah  bank, mungkin sempat kebingungan mengenai bagaimana cara mengganti PIN ATM standar yang diberikan pihak bank dengan PIN yang baru.
cara ganti pin atm bri bni mandiri bca beserta gambar
Padahal sebenarnya, cara mengganti PIN ATM itu tidak sulit, baik itu bank BNI, BRI, BCA ataupun Mandiri. Nah, berikut telah kami rangkum panduannya.

Cara Mengganti PIN ATM BCA
Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri di Mesin ATM

•Langkah 1
Silahkan masukkan kartu ATM BCA anda pada lubang kartu yang terdapat pada mesin.
• Langkah 2 
Silahkan masukkan PIN lama anda. Apabila anda adalah nasabah baru, masukkan PIN standar yang terdapat pada amlop yang diberikan oleh pihak bank pada saat anda mendaftar sebagai nasabah.
• Langkah 3
Setelah berhasil, akan ada beberapa pilihan yag muncul pada layar. Pada bagian pojok kanan bawah silahkan pilih ”Transaksi lainnya”
•Langkah 4
Silahkan cari “Ganti PIN”.  Setelah berhasil ditemukan, masukkanlah PIN lama anda.
• Langkah 5 
Kemudian, anda akan diminta untuk memasukkan PIN baru. Silahkan masukkan PIN baru anda. Dan pastikan PIN baru tersebut mudah untuk anda ingat, akan tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain.
Langkah 6
Masukkan kembali PIN baru. Jika berhasil, maka akan muncul tulisan pada layar mesin ATM bahwa anda telah sukses mengubah PIN.

Cara Mengganti PIN ATM BNI
Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri di Mesin ATM

• Langkah 1
Silahkan pergi ke mesin ATM BNI terdekat yang ada di daerah anda. Masukkan kartu ATM pada mesin. Lalu masukkan PIN anda.
Langkah 2
Cari tulisan “Pilihan lainnya”. Kemudian pilih “Ganti PIN”.
• Langkah 3
Masukkan kembali PIN yang anda gunakan tadi, setelah itu pada layar anda akan diminta untuk memasukkan PIN baru 
• Langkah 4
Setelah PIN baru berhasil dimasukkan. Masukkan sekali lagi untuk konfirmasi ulang. Jika tidak sama dengan sebelumnya maka akan terjadi error, jika berhasil maka akan muncul tulisan sukses.

Cara Ganti PIN ATM BRI
Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri di Mesin ATM

Langkah 1
Masukkan kartu ATM BRI anda ke mesin. Biasanya pada layar akan muncul opsi bahasa Indonesia atau Inggris yang bisa anda pilih. Tidak masalah anda memilih yang manapun, asal anda memahaminya dengan baik.
Langkah 2
Akan muncul tips aman bertransaksi di ATM. Bacalah sejenak, atau pilih “Lanjutkan”
• Langkah 3
Masukkan PIN anda, kemudian pilih “Transaksi lainnya” yang terletak pada pojok kanan bawah layar.
• Langkah 4
Cari dan pilih menu ”Ubah PIN”.
• Langkah 5
Masukkan 6 digit PIN baru yang ingin anda gunakan. Konfimasi ulang PIN baru anda dengan cara mengetikkannya kembali. 
• Langkah 6
Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi sukses di layar mesin ATM. Dan akan keluar struk yang berisi keterangan bahwa anda telah berhasil mengubah PIN kartu ATM.

Cara Mengganti PIN ATM Mandiri
Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri di Mesin ATM

• Langkah 1
Masukkan kartu ATM Mandiri ke mesin. Jika muncul pilihan bahasa Indonesia atau Inggris, silahkan pilih salah satu sesuai yang anda mau.
• Langkah 2
Masukkan PIN anda. perhatikan layar dan pilih “Transaksi lainnya”.
• Langkah 3
Layar mesin ATM akan menampilkan berbagai opsi. Nah cari tulisan “Ubah PIN”. Dan segera masukkan PIN yang sedang anda gunakan, saat perintah pada layar sudah muncul.
• Langkah 4
Jika berhasil, silahkan masukkan PIN baru sesuai yang anda mau. Masukkan kembali sekali lagi.
• Langkah 6
Coba perhatikan layar, jika tidak terjadi kesalahan saat pengetikkan ulang PIN baru, maka akan segera muncul pada layar bahwa anda telah berhasil mengganti PIN ATM.
• Langkah 7
Apabila struk pada mesin ATM yang anda pakai masih tersedia, maka akan keluar struk yang berisi infomasi bahwa anda telah berhasil mengganti PIN. Anda tinggal mengakhiri transaksi dan kartu ATM pun akan keluar dengan otomatis.

Hal yang Harus Anda Perhatikan ketika Membuat PIN baru
Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri di Mesin ATM

Kejahatan pembobolan pada mesin ATM masih marak dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastinya Anda tidak mau kan menjadi salah satu korbannya? Maka dari itu sebaiknya anda terapkan tips ketika membuat PIN baru berikut ini :
1. Pastikan sekeliling aman
Ketika akan membuat PIN baru, apalagi langsung dari mesin ATM, selalu pastikan bahwa sekeliling anda sedang aman, dan tidak ada orang yang memperhatikan gerak-gerik anda. Coba periksa juga, apakah ada kamera pengintai atau tidak di ruangan tersebut.

Perhatikan dengan seksama pada bagian lubang untuk memasukkan kartu ATM, jika ada yang aneh, sebaiknya anda mengurungkan niat untuk mengganti PIN ATM di ruangan tersebut,

Saran dari kami sebaiknya, anda mengganti PIN baru di ATM yang menempel dengan bank yang bersangkutan. Dan hindari melakukannya pada malam hari supaya aman dari tindak kriminalitas kejahatan.

Jangan pernah menggunakan ATM yang ada di luar ruangan. Hati-hati kejahatan skimming, oleh para penjahat pembobol ATM masih marak terjadi akhir-akhir ini.

2. Hindari membuat PIN yang Sesuai Dengan Tanggal Lahir Anda
Pernah tidak mengalami seperti ini, anda ingin meminta sebuah data dari laptop teman, tapi ternyata laptop tersebut diberi password, apa yang biasanya ingin anda ketikkan supaya bisa membuka password tersebut?

Pasti hal pertama yang terbesit di benak anda adalah antara mengetikkan nama pemilik laptop, atau tanggal lahirnya, kan? Nah, itu dia juga yang ada dipikiran para pembobol mesin ATM. So, hindarilah membuat PIN yang sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun lahir anda. Karena hal tersebut akan mudah diketahui oleh banyak orang.

Hindari juga membuat PIN yang berhubungan dengan angka anniversary atau tanggal jadian dengan kekasih anda. Karena hal tersebut juga akan mudah dipikirkan oleh orang-orang yang ingin mencuri uang dari ATM..

3. Hindari Membuat PIN Dengan Angka Kembar dan Nomor Urut
Bagi anda yang termasuk pelupa, membuat PIN baru dengan angka yang mudah diingat mungkin akan menjadi hal utama yang pasti anda lakukan. Misal, membuat PIN kembar seperti 111222. Atau berurutan 321456. Tahukah anda, banyak sekali pengguna ATM yang menggunakan kombinasi PIN tersebut, berhasil diretas oleh komplotan pembobol penjahatan.

Yup, karena PIN-PIN seperti contoh di atas memiliki tingkat kekuatan yang begitu rendah walaupun mudah untuk diingat. Saran dari kami, carilah kombinasi PIN yang lain dan jangan pernah menggunakan angka kembar atau nomor yang berurutan untuk membuat PIN.

4. Jangan Memberikan PIN pada Orang lain
Dalam beberapa kasus yang terjadi, banyak, loh, yang mengalami pencurian uang gara-gara nasabah tersebut sering sekali memberikan PIN pada temannya. Biasanya karena alasan sedang malas untuk mengambil uang.

Anda tidak akan pernah tahu isi dan hati seseorang, terkadang seseorang yang anda anggap sahabat ternyata berkedok hanya ingin memanfaatkan anda saja. Maka dari itu jangan pernah memberikan PIN anda pada siapapun termasuk keluarga anda sendiri. PIN anda harus anda sendiri yang tahu.

***
Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara mengganti PIN ATM serta pembahasan terkait lainnya yang bisa anda jadikan referensi saat melakukan penggantian PIN ATM baru.

Advertisement