Cara Membuka Rekening Tabungan Untuk Pelajar Di Bank BCA - SD, SMP, SMA

Kebiasaan untuk menabung perlu untuk dipupuk sejak usia dini. Memang banyak sekali keuntungan yang diperoleh dengan memberi pengetahuan anak mengenai menabung. Banyak lembaga dan hampir semua lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang menerapkan anak didiknya untuk belajar menabung.

Bank BCA merupakan bank yang tergolong cukup besar di Indonesia. Bank BCA bukan termasuk dalam bank BUMN (Badan Usaha Milik Daerah), tetapi merupakan bank swasta yang cukup mendapat hati dan perhatian di masyarakat Indonesia.

Peminat Bank BCA tidak hanya kaum pembisnis saja, banyak anak muda bahkan yang masih kecil pun berminat untuk membuat rekening Bank BCA. Cara membuka rekening tabungan untuk pelajar di BCA memang berbeda dengan cara membuka rekening untuk orang dewasa yang sudah mempunyai identitas diri, perbedaan terletak pada syarat yang digunakan dalam pengajuan pembuatan rekening.

Bank BCA mempunyai banyak sekali jenis tabungan (simpanan) dan produk tabungan yang masing-masing tersebut mempunyai kategori keuntungan dan keperluan yang berbeda-beda bagi nasabah. Hadiah, promo, dan keuntungan lain yang di-iklan kan pihak bank biasanya bertujuan untuk menarik nasabah agar menggunakan jasa perbankan tersebut dan menjadi gemar menabung.

Jenis Simpanan Siswa Di BCA

Jenis tabungan (simpanan) yang ada di Bank BCA antara lain Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, Tahapan Gold, Tapres, Simpanan Pelajar, Tabunganku, Laku, BCA Dollar, dan Deposito Berjangka. Dari semua jenis tabungan (simpanan) mempunyai keuntungan dan kelebihan sendiri bagi nasabah yang menggunakannya.

Berhubung cara membuka rekening tabungan untuk pelajar di BCA berbeda, maka dalam artikel kali ini, saya akan mencoba menjelaskan mengenai tema tersebut. Harap memperhatikan ya, jangan sampai salah informasi.

Simpanan untuk pelajar biasa disingkat SimPel yang di-khusus kan bagi kalian semua pelajar. Pelajar dalam kategori PAUD, SD, SMP, dan SMA atau yang memang berusia dibawah 17 tahun dan belum mempunyai KTP atau kartu identitas diri.

Cara Membuka Rekening Tabungan Untuk Pelajar di BCA SD, SMP, SMA

Sebelum mengetahui cara membuka rekening tabungan untuk pelajar di BCA kita perlu mengetahui ketentuan yang diberikan pihak bank. Ketentuan tersebut yaitu merupakan WNI, tabungan dalam bentuk rupiah, dan tidak diperbolehkan untuk joint account. Biasanya sekali dalam satu tahun diadakan reward yang dibagikan melalui sekolah yang bekerja sama dengan bank.

Reward yang diberikan biasanya berdasarkan saldo rata-rata rekening yang dihitung selama 12 bulan dengan syarat dan ketentuan berlaku. Reward yang diberikan berupa uang. Saldo rata-rata Rp.1.000.000,- hingga Rp.5.000.000,- mendapatkan reward sebesar Rp.10.000,-. Sedangkan saldo rata-rata di atas Rp.5.000.000,- mendapatkan reward Rp.50.000,-.

Syarat - Syarat Membuat Rekening Simpanan Pelajar

Cara membuka rekening tabungan untuk pelajar di BCA mempunyai syarat tertentu yaitu:

  1. fotokopi kartu pelajar
  2. akta kelahiran
  3. kartu keluarga
  4. surat keterangan dari sekolah sebagai identitas diri
  5. fotokopi kartu identitas salah satu orang tua
  6. dan fotokopi NPWP orang tua jika ada.

Untuk anak di bawah 12 tahun, dalam membuat rekening bisa diwakilkan orang tua karena status rekening dan penandatanganan rekening dilakukan oleh orang tua. Sedangkan untuk calon nasabah dengan umur antara 12 sampai 17 tahun dapat membuat rekening sendiri. Artinya penandatanganan dan status rekening adalah dari anak itu sendiri.

Tahapan cara membuat rekening tabungan untuk pelajar di BCA

Dengan membuat rekening pada umumnya dengan membawa syarat yang diperlukan dan meminta bantuan CS untuk melayani pengajuan permintaan rekening bank. Bedanya kalau untuk pelajar dibawah 12 tahun memerlukan orangtua untuk menandatangani rekening dan status rekening BCA nantinya.

Pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan syarat yang dibutuhkan dalam pembuatan rekening bank sesuai dengan yang ditetapkan oleh bank. Selanjutnya adalah mendatangi kantor Cabang Bank BCA terdekat. Tahapan selanjutnya yaitu untu datang ke CS bank BCA tersebut dengan menyerahkan persyaratan dan uang setoran awal. Kemudian ikuti intruksi yang diberikan oleh CS bank tersebut.

Setelah semua selesai, maka Anda akan diberikan kartu ATM yang nantinya dapat Anda gunakan untuk keperluan perbankan seperti menyetorkan uang, mengambil uang, dan mentransfer uang baik ke sesama Bank BCA atau ke bank lain. Baiknya, Anda untuk mengganti pin ATM di mesin ATM agar kerahasiaan mengenai rekening Anda benar-benar terjaga.

Dalam mengganti pin ATM yang baru, mintalah bantuan satpam bank jika Anda mengalami kesulitan. Cukup mudah untuk pembuatan rekening bank. Perhatikan saldo minimum Anda pada saat mengambil. Rekening maupun ATM akan terganggu jika dalam 12 bulan berturut-turut isi saldo Anda kurang dari ketentuan batasan minimum saldo yang diberikan pihak bank.

Keuntungan

Keuntungan yang didapat nasabah yang menggunakan simpanan pelajar BCA adalah tidak dikenakan biaya administrasi dengan setoran awal pada pembukaan rekening minimal sebesar Rp.5000,-. Untuk setoran setelahnya dapat dilakukan melalui teller bank dengan minimal setoran Rp.1000,-. Limit untuk mengambil uang dari rekening tersebut maksimal berjumlah Rp.7.000.000,- per harinya.

Perlu untuk tahu bahwa jenis simpanan ini tidak mendapatkan bunga. Dalam kartu simpanan pelajar mempunyai bukti kepemilikan berupa nama pemilik di depan kartu tersebut. Untuk transaksi debet yang dapat dilakukan oleh jenis simpanan ini hanya 4 kali saja dalam satu bulan, selebihnya akan dikenakan biaya.

Ada baiknya jika ingin mendapatkan informasi dengan jelas dan lengkap untuk datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat. Atau bisa juga menghubungi Halo BCA di 1500888 melalui ponsel dan bisa juga menghubungi melalui email dengan alamat halobca@bca.co.id.

***
Demikian informasi mengenai cara membuka rekening tabungan untuk pelajar di BCA. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.


EmoticonEmoticon

 
DMCA.com Protection Status