16 Mar 2018

Cara Membuka Rekening dan Menabung di Bank BCA

Menabung merupakan salah satu cara untuk menyingsihkan atau menyimpan beberapa uang yang dapat digunakan di lain hari. Tidak akan merugi jika seseorang gemar menabung, justru akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Pengetahuan tentang menabung perlu untuk ditanamkan sejak dini.

Memiliki sejumlah uang untuk disimpan, rasanya kurang efektif untuk disimpan secara lembaran di dalam rumah. Akan lebih praktis, aman, dan mendapat banyak keuntungan jika di  tabung di lembaga perbankan yang memang dipercaya untuk menyimpan uang anda. Salah satunya Bank BCA. kali ini saya akan membantu anda menjelaskan cara menabung di BCA.
Sebelum melakukan menyimpan uang di bank, anda perlu untuk membuat account rekening bank. Untuk membuatnya, diperlukan syarat-syarat, rincian biaya administrasi yang dibayarkan, dan jenis tabungan yang dipilih. Pemilihan jenis tabungan, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Baik limit pengambilan, pilihan progam layanan yang diberikan dan bunga bank.

Bank BCA merupakan salah satu bank tergolong besar yang ada di Indonesia. Bank ini mempunyai reputasi yang baik dan cukup dipercaya di Indonesia. Memang sebagian besar nasabah Bank BCA adalah golongan menengah ke atas, akan tetapi syarat menjadi nasabah tidak harus termasuk golongan menengah ke atas.

Sebelum mengetahui cara menabung di BCA, perlu kiranya anda membuat rekening dengan jenis produk tabungan sesuai dengan kebutuhan anda. Bank BCA mempunyai produk TabunganKu, tabungan ini dikhususkan untuk perorangan. Syarat pembuatan TabunganKu sangat ringan dan mudah guna menumbuhkan budaya menabung dan mensejahterakan masyarakat.

Banyak sekali keuntungan yang didapat di TabunganKu. Mulai dari tidak adanya uang administrasi, setoran awal pembuatan rekening hanya Rp. 20.000,-, setoran tunai selanjutnya minimum Rp. 10.000,-, hingga nasabah mendapatkan suku bunga yang didapat sesuai dengan jumlah saldo di dalam rekening bank.

Produk Bank BCA TabunganKu hanya hadir dalam rupiah dan hanya dibuka untuk nasabah perorangan WNI (Warga Negara Indonesia). Pembuatan rekening hanya boleh satu kali kecuali membuat account untuk mewakili anak dibawah umur yang belum mempunyai identitas diri (account perwakilan) serta tidak diperbolehkan untuk joint account.

Akan tetapi, perlu untuk diketahui, bahwa produk TabunganKu memiliki keterbatasan fitur. Keterbatasan fitur yang dimiliki mengenai tarikan tunai, setoran, mengecek saldo, transfer hanya di Kantor Cabang dan ATM BCA saja.

Tata Cara Dan Syarat Menabung Di Bank BCA Indonesia

1. Cara menabung di BCA yang pertama adalah mengetahui syarat untuk membuat rekening bank. Syarat yang dibutuhkan antara lain menyiapkan fotokopi identitas diri baik itu KTP/Paspor/SIM, dan atau NPWP jika anda memiliki. Selanjutnya mengisi formulir permohonan membuka rekening yang disediakan di bank.

2. Jangan lupa untuk menyiapkan uang sebesar Rp. 20.000,- sebagai setoran awal. Selanjutnya serahkan formulir permohonan yang sudah anda tanda tangani di atas materai dan fotokopi identitas diri yang telah anda siapkan kepada pihak bank. Untuk selanjutnya anda akan diarahkan pihak bank untuk melanjutkan syarat-syarat memperoleh rekening bank.

3. Setelah rekening Bank BCA anda jadi, biasanya anda diberi pilihan untuk membuat ATM. Dimana ATM ini sangat berguna untuk pengambilan maupun penyetoran uang ke rekening dengan lebih cepat tanpa melalui teller bank. TabunganKu mempunyai ketentuan setoran awal sebesar Rp. 20.000,- yang dapat diambil setelah rekening anda jadi dan diambil melalui ATM.

2 Opsi Setor Tunai BCA

1. Cara menabung di BCA bisa dilakukan dengan dua cara setelah mempunyai rekening dan ATM, yaitu dengan menabung melalui teller atau dengan menggunakan mesin setor tunai. Untuk menabung melalui teller bank, maka anda dapat menabung dengan mengunjungi kantor Cabang BCA terdekat, mengambil nomor antrian, mengambil slip setor tunai.

2. Slip setor tunai/bukti setoran Bank BCA biasanya berwarna biru. Kemudian anda dapat mengisi slip tersebut dengan data rekening anda dan nominal penyetoran. Biasanya, sudah terdapat contoh penulisan slip agar lebih memudahkan nasabah.

Selanjutnya tinggal menunggu panggilan, anda tinggal menyetorkan slip, buku tabungan, dan sejumlah uang yang akan di setorkan ke rekening sejumlah dengan yang tertera di dalam slip yang anda tulis. Kemudian teller bank mengecek uang dan jumlahnya dan print out buku tabungan anda. Anda bisa cek di buku tabungan dan ATM anda jika sudah selesai tahap ini.

Cara Menggunakan Mesin Setor Tunai BCA

Untuk menabung menggunakan mesin setor tunai BCA dapat dilakukan dengan cara memasukkan kartu ATM pada mesin dan memasukkan pin anda. Selanjutnya pilih setor tunai di menu mesin. Masukkan sejumlah uang pada bagian mesin yang terbuka. Untuk diingat. uang yang disetor harus rapi tanpa penjepit, tidak berlubang dan tidak dalam kondisi.

Jika uang anda terdiri dari nominal yang berbeda, maka anda dapat melakukannya dua kali atau beberapa kali sesuai nominal uang pecahan anda. Nominal uang pecahan yang dapat dimasukkan dalam mesin setor tunai adalah Rp.100.000,- Rp.50.000,- dan Rp.20.000,-.
Selanjutnya mesin akan tertutup dan pilihlah menu setor. Selanjutnya akan ada pilihan melakukan setoran kembali. Pilih tidak jika anda tidak menginkan untuk setor lagi. Selajnutnya jangan lupa untuk mengambil kartu ATM anda.

***
Untuk mengetaui cara menabung di BCA, ada baiknya anda menggali informasi lebih dalam dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank BCA terdekat, atau menghubungi Halo BCA 1500888 melalui ponsel anda, dan dapat juga melalui email dengan alamat halobca@bca.co.id
Demikian informasi mengenai syarat dan ketentuan untuk membuat rekening dan ATM BCA serta cara menabung di BCA. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang akan memulai menabung dan memilih referensi mengenai tabungan. Sekian dan terimakasih.

Advertisement